Warung Bebas

Jumat, 24 Juni 2011

Belajar Autocad | Mengenal Istilah Baru Dunia Offshore Engineering

Belajar AutoCADOke sekarang kita akan belajar autocad dengan istilah-istilah baru yang saya dapatkan selama bekerja pada perusahaan pengeboran sumur minyak yang beroperasi disekitar perairan di Indonesia. Istilah-istilah dunia offshore engineering ini tidak semua saya kuasai, namun ada beberapa istilah baru yang akan saya sampaikan pada posting tentang belajar autocad kali ini..

OKe mari kita mulai beberapa istilah dalam dunia offshore engineering (enjiniring lepas pantai) :

1. SUDU (Subsea Umbilical Distribution Units) :

adalah unit dimana SUDU ini mengumpulkan beberapa pipa flexibel yang berasal dari xmas tree (yang berada disekitar manifold sumur pengeboran) yang biasanya berjumla dua buah pipa fleksibel. SUDU juga tempat terminal dimana informasi dari corrosion probes yang menempel pada flowline / jalur utama.

2. MANIFOLD :

Manifold adalah sebuah kerangka yang terbuat dari baja anti karat yang ditempatkan tepat diatas lubang sumur pengeboran di bawah laut. Manifold ini biasanya terbuat dari baja WF yang dirangkai di darat dan diceburkan kedalam laut, didalamnya terdapat rangkaian pipa-pipa dan valve yang berfungsi mendistribusikannya ke beberapa rigs heading yang berada di permukaan laut guna ditransfers ke kapal tanker.

3. Production Flowlines :

Adalah jalur pipa produksi (berdiameter 12 inch) yang diluncurkan dari MODU mooring exclusion zone menuju zona pengangkutan oleh FLNG ke Kapal tanker.

Nama-nama berikut adalah bagian dari Turret Mooring System :

4. TUTU
5. Meg Injection panel
6. Turret UPS Distribution
7. Turret HCP
8. Turret HPU
9. Turret MVDB
10. Turret ICSS

Oh ya, yang perlu saya garis-bawahi adalah pengertian Turret, Turret yang saya fahami adalah sekumpulan pipa-pipa outlet yang ada pada bagian depan dari FLNG/kapal induk yang memiliki bagian depan yang fungsinya mengumpulkan pipa yang berasal dari sumur pengeboran dan juga tempat dari bersatunya pipa angkur yang disebar berdasarkan geometri yang tipikal artinya sebuah lingkaran yang dibagi secara teratur dengan ukuran sudut sebesar 120 derajat, dan setiap angkur tadi memilki sudut diantaranya dengan besaran sudut 2 derajat. Dan panjang radius angkur-angkur tadi berkisar 2000 meter, tergantung dari kondisi seabed atau permukaan laut.

Oke mari kita lanjutkan kepada bagian FLNG, yaitu bagian dimana mereka menampung pipa yang berasal dari Drill Center (DC). Apa saja istilah dalam FLNG yang harus kita ketahui, antara lain :

1. MVDB
2. UPS
3. EPU
4. MCS
5. MCS Workstation
6. HMI
7. ICSS pcs
8. ICSS sis
9. Meg Storage & Injection

Untuk kombinasi susunan dari pengeboran lepas pantai seperti ini adalah tipikal, mungkin penyesuaian di lapangan yang akan dilakukan jika diperlukan, misalnya berapa panjang angkur yang dibutuhkan bisa bervariasi sesuai dengan kondisi permukaan laut maupun berdasarkan hitungan-hitungan para enjinir pipeline.

Semoga bermanfaat.


0 komentar em “Belajar Autocad | Mengenal Istilah Baru Dunia Offshore Engineering”

Poskan Komentar

 

Bisnis Internet Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger