Warung Bebas

Rabu, 15 Juni 2011

Belajar Autocad | Belajar Dunia Oil and Gas untuk Offshore

Sejak jum'at kemarin saya tidak bisa mengupdate blog ini secara reguler alias setiap hari, dikarenakan saya harus pindah ngantor untuk sementara. Untung belajar autocad yang pernah saya sampaikan di blog ini tentang oil and gas ternyata memberikan sedikit banyak ilmu yang saya pakai di tempat baru, karena di tempat baru ini saya berhadapan dengan gambar-gambar seputar oil and gas untuk offshore alias pengeboran gas lepas pantai, wah seru banget nih, dapat ilmu baru

Waktu pertama kali datang, saya dihadapkan pada versi autocad terbaru yaitu autocad LT versi 2011, wadohh...saya baru banget sama program yang satu ini, tapi it's oke, saya coba untuk mendapatkan menu application load alias upload aplikasi buatan sendiri yaitu autoLisp, namun ternyata tidak bisa saya temukan, walhasil saya menggunakan menu standar saja, hiks..

Untuk gambar yang saya hadapi kali ini, berbeda dengan gambar sehari-hari yang saya kerjakan, yaitu offshore alias lepas pantai, ada beberapa istilah yang saya dapatkan dari belajar autocad oil and gas offshore kali ini, antara lain Flowline, Riser, Mooring, Umbilicals, Rigs, FLNG, Subsea Umbilicals, Manifold dan masih banyak lagi.

Pada intinya untuk pengeboran gas lepas pantai, sebuah rigs ditempatkan diatas sumur gas yang akan diboring, untuk rigs diperlukan beberapa angkur agar tidak lepas dari titik sumur tersebut.

Jarak antara angkur dengan rigs secara horizontal berkisar antara 2500 meter lebih dan memakai pipa flexibel berdiameter 10 inch.

Awalnya gambar yang saya dapat, koordinat antara FLNG dan manifold masih salah dan harus direvisi sesuai koordinat yang didapatkan dari survey lapangan, jadi mau ga mau saya harus posisikan pada koordinat yang baru dan membuat flowline baru. Flowline terdiri dari 3 jalur yang diapit oleh 2 jalur umbilicals ( yang jelas saya belum tahu apa itu umbilicals..hehe.).

Sekian dulu ah sharing pekerjaan di oil and gas offshore, besok saya harus ngantor pagi-pagi lagi, karena kantor ini banyak orang bule nya, jadi komunikasi kudu pake bahasa ribet dulu, hiks..

Semoga bermanfaat.

0 komentar em “Belajar Autocad | Belajar Dunia Oil and Gas untuk Offshore”

Posting Komentar

 

Bisnis Internet Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger