Warung Bebas

Sabtu, 01 Januari 2011

Men-submit blog ke lebih banyak search engine

Sejak awal kalau kita berbicara optimasi blog (SEO) mungkin fokus kita hanya Google-lah yang merajai search engine, memang diakui Google menguasai 60% kapling search engine di dunia maya karena Google memiliki lebih banyak fitur-fitur untuk bisa memaksimalkan para user-nya agar mendapat traffic seperti Goggle webmaster (link), Google analytics (link) dan banyak fitur lainnya yang bisa dipakai, tapi perlu diingat juga bahwa di internet ada banyak mesin pencari selain Google yang dipakai oleh seluruh user internet di seluruh dunia. Untuk anda yang ingin men-submit ke Goggle bisa baca artikel saya disini (link), namun jika ingin lebih memaksimalkan traffic dan mendapatkan backlink ke blog kita, tidak ada salahnya kita men-submit blog kita ke lebih banyak search engine yang ada di internet contohnya ke yahoo.com atau msn.com.

Kali ini saya ingin menjelaskan cara men-submit blog kita ke live search di msn.com dan site explorer di yahoo.com, walau keduanya tidak memiliki fitur-fitur tracking data seperti milik Google webmaster atau Google analytic, namun kontribusi dari kedua search engine diatas (MSN.com dan Yahoo.com) tidak kalah pentingnya untuk mendapatkan traffic ke blog kita. Untuk men-chek validasi backlink yang kita dapat dari semua search engine bisa menggunakan fasilitas url metrix ( anda bisa baca artikelnya disini (link)).

Oke mari kita mulai,

1. msn.com

men-submit di live search msn.com caranya sangat mudah, kita tidak perlu meng-copy kode tracking yang harus kita taruh/paste di kode HTML blog kita seperti di Google webmaster.
- ketikkan alamat URL blog kita (lengkap dengan http-nya) - masukkan kode yang tertulis disitu agar msn.com tidak menganggap url yang kita masukan bukan dari program otomatis (robot).
- klik submit URL
- selesai

2. yahoo.com

Yahoo site explorer menyediakan sarana untuk men-submit blog kita, sama seperti di live search-nya msn.com kita tidak perlu meng-copy-paste kode tracking ke kode HTML blog kita (karena mereka tidak menyediakan..:)). Site Explorer Yahoo.com membuat 2 pilihan untuk men-submit blog kita:
yaitu men-submit URL dan men-submit feed,

a. submit a website or webpage
klik tab ini untuk men-submit blog, cara ini memang sangat mudah :
- ketikkan alamat URL blog kita (lengkap dengan http), misalnya : http://bisnisbloggerku.blogspot.com
- Klik submit URL
- selesai

b. submit site feed
untuk men-submit site / blog feed anda bisa temukan di dashboard blogger.com kita, pilih setting dan temukan disitu, atau mungkin anda ingat feed anda yang sudah dimodifikasi (contohnya anda masukkan ke feedburner.com atau yang lain)
oke saya anggap anda sudah tahu feed blog anda.
-masukkan feed yang ada di blog kita
misalnya : http://feedburner2.google/......
- klik submit feed
- selesai

happy optimization.....

0 komentar em “Men-submit blog ke lebih banyak search engine”

Posting Komentar

 

Bisnis Internet Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger